Apa Saja Sih Yang Harus Diatur Sebelum Mengetik? - Ryan's Blog

Breaking

Quote

Perintah Pertama dari Allah SWT adalah IQRO

Sunday, March 8, 2020

Apa Saja Sih Yang Harus Diatur Sebelum Mengetik?


Sebelum membuat sebuah dokumen pada aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, ada beberapa hal yang harus diatur agar ketikan terlihat rapi. Ketika ketikan rapi, tentu yang membaca pun akan menikmati dokumen yang akan dibaca. Ada 7 hal yang harus diatur sebelum mengetik, seperti :

a)  Font
Font atau jenis huruf adalah hal pertama yang harus di atur. Jika dahulu banyak orang menggunakan jenis huruf Times New Roman, sekarang banyak dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi pemerintah menggunakan jenis huruf lain seperti Bookman Old Style, Verdana, Tahoma dan lain-lain.


b)  Font Size
Font size atau ukuran jenis huruf tidak bisa dilepaskan dari font, mengapa demikian? Jika pada saat menggunkan Font Times New Roman, ukurannya adalah 12, maka jika menggunakan jenis huruf lain, ukurannya harus disesesuaikan dengan jenisnya. Sebagai contoh, saya sendiri sering menggunakan Verdana tapi ukurannya adalah 11, karena jika menggunakan 12, maka pada saat di cetak, huruf akan terlihat sangat besar dari biasanya.


c)  Alignment
Alignment atau perataan teks adalah hal berikutnya yang harus diatur. ada 4 macam alignment, yaitu Left, Center, Right dan Justify. Dari 4 macam tersebut yang sering digunakan adalah Center dan Justify, mengapa? Karena Center digunakan untuk judul dokumen sementara Justify digunakan untuk isi dokumen.


d)  Line Spacing
Line Spacing atau jarak antar baris. Biasanya yang akan digunakan adalah 1,5 lines. Tapi untuk dokumen-dokumen resmi seperti Laporan, Skripsi atau Karya Ilmiah, biasanya menggunakan 2,0 lines.


e)  Paper Size
Paper size atau ukuran kertas adalah hal berikutnya yang harus diatur. Ada 2 macam ukuran kertas yang biasanya digunakan, yaitu A4 dan Legal. Lalu ketika kita hendak membuat dokumen, mana yang harus digunakan? Jawabannya tergantung dokumen yang akan kita buat, jika kita hendak membuat dokumen yang pendek, maka gunakan A4, karena jika menggunakan Legal, akan membuat space kosong yang sangat banyak, sebaliknya jika ingin membuat dokumen yang panjang, maka gunakan Legal.


f)  Spacing Paragraph
Spacing paragraph atau jarak antar paragraf adalah menu yang harus disesuaikan ketika membuat dokumen. Ada 2 macam spacing paragraph, yaitu Before dan After. Jika hendak membuat dokumen yang rapi, maka isi before dan after harus 0 pt.


g)  Margins
Margins atau batas pengetikan adalah area pengetikan yang sudah disiapkan dengan diatur terlebih dahulu. Margins memiliki 4 batasan, yaitu Top (atas), Left (kiri), Right (kanan) dan Bottom (bawah). Satuan margins adalah sentimeter, jadi jika margins pada PC atau laptop kamu satuannya inci, maka harus diubah terlebih dahulu, bagaiman merubahnya? Ada disini. Ukuran margins yang biasa adalah 3 sentimeter untuk semua batasan, kecuali jika dokumen ingin dicetak dan dijilid, maka pada bagian Left ubah menjadi 4 sentimeter atau selisih 1 sentimeter dari bagian lain.




No comments:

Post a Comment