ELEMEN 6 MPLB : Jenis Peralatan Pengelolaan Dokumen - Ryan's Blog

Breaking

Quote

Perintah Pertama dari Allah SWT adalah IQRO

Monday, July 15, 2024

ELEMEN 6 MPLB : Jenis Peralatan Pengelolaan Dokumen

 


PENGERTIAN
Peralatan Pengelolaan Dokumen merupakan sarana yang digunakan pada bidang kearsipan. Kualitas peralatan yang baik secara tidak langsung akan memperlama umur suatu dokumen.

FUNGSI
Fungsi peralatan pengelolaan dokumen, yaitu sebagai berikut :
1) Sebagai sarana penyimpanan dokumen
2) Sebagai alat bantu untuk mempercepat, meringankan, dan mempermudah pekerjaan dibidang kearsipan
3) Sebagai alat pelindung dokumen dari bahaya kerusakan sehingga dokumen tahan lama

MACAM-MACAM PERALATAN
Macam-macam peralatan pengelolaan dokumen, yaitu :
1) Filing Cabinet
Filing Cabinet merupakan lemari dokumen yang terdiri atas beberapa laci, antara 1-6 laci, tetapi yang paling banyak digunakan adalah empat dan lima laci.

2) Rotary
Rotary yaitu alat penyimpanan dokumen yang dilakukan secara berputar.

3) Lemari Arsip
Lemari Arsip adalah alat penyimpanan dokumen yang tertutup atau mempunyai pintu

4) Rak Arsip
Lemari Arsip adalah alat penyimpanan dokumen yang tidak mempunyai pintu


No comments:

Post a Comment