MATPEL : KONTEN KREATOR - Ryan's Blog

Breaking

Quote

Perintah Pertama dari Allah SWT adalah IQRO

Monday, July 15, 2024

MATPEL : KONTEN KREATOR


PENGERTIAN
Kreator konten adalah seni dan keterampilan merancang, memproduksi serta mempublikasikan kontendigital,secara etis, estetis dan komunikatif. Konten yang dipublikasikan dapat berdasarkan fakta, peristiwa, atau imajinasi, untuk tujuan komunikasi, informasi dan hiburan. Setiap tahapan pembuatan konten, baik tahap pra produksi, produksi, maupun pasca produksi membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus yang harus dikuasai dan dipelajari dengan benar.

IDENTITAS
Satuan Pendidikan SMKS YUPPENTEK 5 Curug
Mata Pelajaran Konten Kreator
Kelas 12 DKV
Penyusun Ryan Aldi Ramdani, S.Kom.

CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Desain Kreatif Mampu berfikir imajinatif, kritis, analitis, kreatif, dan inovatif, untuk melakukan riset aplikatif (observasi, identifikasi, klasifikasi, komparasi, dan formulasi. Riset ini dilakukan untuk mencari sumber inspirasi menyusun konten dalam bentuk tulisan, rekayasa gambar, audio atau audio visual. Konten didistribusikan untuk mencapai target audiens dan keuntungan usaha.
Manajemen Produksi Mampu menyusun dan menerapkan manajemen produksi secara efektif dan efisien dalam bentuk kerja mandiri pada tahap Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Tujuan pembuatan konten adalah mencapai target audiens dan keuntungan serta sebagai salah satu bentuk kewirausahaan dan ekonomi kreatif yang berkesinambungan.
Teknologi Produksi Mampu mengaplikasikan sistem operasi berbasis software dan atau aplikasi untuk menghasilkan konten tulisan, rekayasa gambar, audio, dan atau audio visual yang mendukung tahap Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi.
Platform Distribusi Mampu membangun dan mengembangkan publikasi (distribusi) konten pada platform digital mandiri sebagai produk ekonomi kreatif secara aktif dan berkelanjutan dan memiliki nilai jual.
Pengembangan Bisnis Mampu mengevaluasi kualitas konten serta mengukur dan menentukan nilai jual konten digital yang dihasilkan secara mandiri dan kolaborasi.

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATERI TUJUAN PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU ASESMEN
Desain Kreatif Mampu berfikir imajinatif, kritis, analitis, kreatif, dan inovatif, untuk melakukan riset aplikatif (observasi, identifikasi, klasifikasi, komparasi, dan formulasi. Riset ini dilakukan untuk mencari sumber inspirasi menyusun konten dalam bentuk tulisan, rekayasa gambar, audio atau audio visual. Konten didistribusikan untuk mencapai target audiens dan keuntungan usaha. Membentuk Tim
Membuat Ide Konten
Melakukan Riset
Siswa mampu membuat konsep video 4 x 2 JP Formatif
Sumatif
Manajemen Produksi Mampu menyusun dan menerapkan manajemen produksi secara efektif dan efisien dalam bentuk kerja mandiri pada tahap Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Tujuan pembuatan konten adalah mencapai target audiens dan keuntungan serta sebagai salah satu bentuk kewirausahaan dan ekonomi kreatif yang berkesinambungan. Membuat Tujuan Konten
Membuat Manajemen Waktu
Siswa mampu melaksanakan manajemen waktu dengan baik 3 X 2 JP Formatif
Sumatif
Teknologi Produksi Mampu mengaplikasikan sistem operasi berbasis software dan atau aplikasi untuk menghasilkan konten tulisan, rekayasa gambar, audio, dan atau audio visual yang mendukung tahap Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Mengoperasikan Software
Pembuatan Konten
Siswa mampu memproduksi video 6 X 2 JP Formatif
Sumatif
Platform Distribusi Mampu membangun dan mengembangkan publikasi (distribusi) konten pada platform digital mandiri sebagai produk ekonomi kreatif secara aktif dan berkelanjutan dan memiliki nilai jual. Pendistribusian Platform Digital Siswa mampu memilih platform digital yang benar 2 X 2 JP Formatif
Sumatif
Pengembangan Bisnis Mampu mengevaluasi kualitas konten serta mengukur dan menentukan nilai jual konten digital yang dihasilkan secara mandiri dan kolaborasi. Mengukur Kualitas Konten untuk Pengembanagn Bisnis Siswa mampu membuat evaluasi video yang sudah dibuat 2 X 2 JP Formatif
Sumatif
TOTAL JAM PELAJARAN 17 X 2 JP

PROGRAM TAHUNAN
ELEMEN TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI ALOKASI WAKTU
Desain Kreatif Siswa mampu membuat konsep video Membentuk Tim
Membuat Ide Konten
Melakukan Riset
4 x 2JP
Manajemen Produksi Siswa mampu melaksanakan manajemen waktu dengan baik Membuat Tujuan Konten
Membuat Manajemen Waktu
3 x 2JP
Teknologi Produksi Siswa mampu memproduksi video Mengoperasikan Software
Pembuatan Konten
6 x 2JP
Platform Distribusi Siswa mampu memilih platform digital yang benar Pendistribusian Platform Digital 2 x 2JP
Pengembangan Bisnis Siswa mampu membuat evaluasi video yang sudah dibuat Mengukur Kualitas Konten untuk Pengembanagn Bisnis 2 x 2JP
TOTAL 17 x 2JP

PROGRAM SEMESTER

MODUL AJAR

No comments:

Post a Comment