MODUL AJAR KONTEN KREATOR - Ryan's Blog

Breaking

Quote

Perintah Pertama dari Allah SWT adalah IQRO

Monday, July 15, 2024

MODUL AJAR KONTEN KREATOR





MODUL AJAR
DESAIN KREATIF

IDENTITAS
NAMA PENYUSUN Ryan Aldi Ramdani, S.Kom.
SATUAN PENDIDIKAN SMKS YUPPENTEK 5 Curug
FASE / KELAS F / 12 DKV
MATA PELAJARAN KONTEN KREATOR
ALOKASI WAKTU 2 JP
TAHUN PENYUSUNAN 2024

SARANA DAN PRASARANA
1.  Gawai
2.  Personal Komputer
3.  Akses Internet
4.  Proyektor
5.  Lembar Kerja

TARGET PESERTA DIDIK
1.  Siswa mampu membentuk tim kreatif
2.  Tim kreatif membuat ide konten
3.  Tim kreatif melakukan riset data untuk pembuatan konten

MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran menggunakan Project Based Learning (PBL)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu membuat konsep video

KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Pendahuluan
Guru mengkondisikan peserta didik untuk berdoa
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran
15 Menit
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan materi tentang Desain Kreatif
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat tim kreatif
60 Menit
Penutup
Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan materi
Guru memberikan refleksi
Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
Guru menutup pertemuan dan mengucap salam
15 menit

PERTEMUAN 2
Pendahuluan
Guru mengkondisikan peserta didik untuk berdoa
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran
15 Menit
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan materi tentang Desain Kreatif
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat ide dan konten
60 Menit
Penutup
Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan materi
Guru memberikan refleksi
Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
Guru menutup pertemuan dan mengucap salam
15 menit

PERTEMUAN 3
Pendahuluan
Guru mengkondisikan peserta didik untuk berdoa
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran
15 Menit
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan materi tentang Desain Kreatif
Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan riset data
60 Menit
Penutup
Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan materi
Guru memberikan refleksi
Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
Guru menutup pertemuan dan mengucap salam
15 menit

PERTEMUAN 4
Pendahuluan
Guru mengkondisikan peserta didik untuk berdoa
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran
15 Menit
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan materi tentang Desain Kreatif
Guru memerikan arahan untuk mengumpulkan hasil yang sudah dibuat
60 Menit
Penutup
Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan materi
Guru memberikan refleksi
Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
Guru menutup pertemuan dan mengucap salam
15 menit

ASESMEN
Guru melakukan pengamatan selama diskusi berlangsung. Hasil pengamatan berupa jawaban siswa dan partisipasi siswa dalam diskusi dapat dicatat dalam jurnal untuk ditinjau kembali.

Guru memeriksa ketepatan pemahaman siswa melalui lembar pemahaman siswa dan lembar refleksi.
Jenis Asesmen Teknis Asesmen
Formatif Penilaian formatif dilakukan tiap minggu dari aktivitas yang ada.
Sumatif Sumatif dilakukan dengan asesmen melalui soal, seperti contoh pada uji kompetensi.

REMEDIAL
Membuat konsep tentang short video berdurasi 1 menit

REFLEKSI
Aspek Refleksi Peserta Didik
Perasaan dalam belajar Penilaian formatif dilakukan tiap minggu dari aktivitas yang ada.
Makna Saya dapat menguasai materi pelajaran pada hari ini :
a. Baik,  b.  Cukup,  c.  Kurang
Keaktifan Apakah saya terlibat aktif dalam pembelajaran hari ini? Apakah saya menyumbangkan ide dalam proses pembuatan ide konten?
Gotong Royong Apakah saya dapat bekerjasama dengan teman 1 kelompok?

LAMPIRAN

No comments:

Post a Comment